Selasa, 31 Maret 2015

Kenali Gerakan Dasar Dalam Kelas Balet Anak Ini


Ada banyak gerakan yang dapat dipelajari dalam kelas balet anak seperti Plie, Rise, Pointe, Rond de Jambe, Glissade, Pas de Bourree, Pas de Chat, Soubresaut, dan sebagainya. Dalam kelas balet anak, gerakan yang diajarkan dibatasi sesuai umur dan kemampuan anak. Adapun  berapa gerakan dasar yang biasanya diajarkan dalam kelas balet anak antara lain sebagai berikut.
Lima Posisi Awal
Gerakan dasar balet yang paling awal diajarkan di kelas balet anak adalah lima posisi awal. Posisi pertama adalah merapatkan kedua kaki dimana kedua tangan berada di atas perut dengan telapak tangan membuka ke atas. Posisi kedua kedua, tangan dan kaki direntangkan. Posisi ketiga, kaki menyilang dengan kaki kanan berada di depan kaki kiri, tangan kanan direntangkan sedangkan tangan kiri berada di atas perut dengan telapak tangan membuka ke atas.


Untuk posisi keempat, kaki disilangkan, tangan kiri berada di atas perut dengan telapak membuka ke atas, dan tangan kanan berada di atas kepala. Posisi terakhir, kaki disilangkan sedangkan kedua tangan berada di atas kepala membentuk seperti lingkaran. Untuk lebih jelasnya semua bisa dilihat pada ilustrasi gambar.
Plié
Gerakan plié merupakan gerakan kelas balet anak sederhana dan dipelajari di tingkat dasar. Prinsip gerakan plié adalah menekukkan lutut ke arah samping dengan posisi badan, leher, dan kepala tetap tegak. Latihan plié sebaiknya dilakukan menggunakan bar ballet agar dapat menjaga posisi leher dan tubuh dengan baik.


Pointe
Pointe atau yang lebih dikenal dengan en pointe adalah berjinjit hingga ujung jari kaki sembari melakukan gerakan-gerakan balet. Teknik dalam kelas balet anak ini dilakukan dengan sepatu khusus berujung keras, yang bernama point shoes.


Adapun salah satu pusat kebugaran anak di Jakarta, Rockstar Gym, membuka program kelas balet anak dari mulai baby ballet untuk anak berusia 2-3 tahun hingga kelas balet anak untuk anak berusia 7 tahun atau lebih. Semua teknik dan gerakan balet yang diajarkan disesuaikan dengan usia anak. Jika Anda ingin melihat teknik balet yang diajarkan pada anak di Rockstar Gym, Anda pun dapat mencoba Free Trial terlebih dahulu.

Sumber: Rockstar Gym

Tidak ada komentar:

Posting Komentar