Kamis, 06 November 2014

Saint Monica Jakarta School: Pentingnya Pendidikan Musik Dalam Melatih Kecerdasan Emosional

Pendidikan Musik ternyata mampu meningkatkan kecerdasan otak anak. Banyak pakar musik maupun pendidik telah mengadakan penelitian untuk melihat efek positif dari beberapa jenis musik. Fakta terbaru menyimpulkan bahwa semua musik berirama tenang dan mengalun lembut dipercaya dapat memberi efek yang baik bagi dan anak-anak. 

Pendidikan Musik di Sekolah Saint Monica Jakarta

Musik yang dapat dipergunakan untuk pendidikan dan alat mempertajam kecerdasan manusia adalah musik yang mempunyai keseimbangan 3 unsur: Melody, Ritme, dan Timbre (tone colour). Anak yang sejak dalam kandungan terbiasa didengarkan musik biasanya memiliki kecerdasan emosional dan intelegensinya lebih berkembang dibandingkan dengan anak yang jarang mendengarkan musik. Begitu juga dengan anak di usia dini, jika diperdengarkan dengan musik yang memiliki keseimbangan antara melodi, ritme, dan timbre, maka kecerdasan dan kreativitas anak pun semakin berkembang.

Untuk itu, Saint Monica Jakarta School, memperkaya fasilitas sekolahnya dengan Music Lab dan melakukan program Music Accompaniment ketika murid-murid pre-school belajar. Diharapkan dengan adanya program ini, siswa dapat merasakan lain manfaat-manfaat seperti kemampuan bersosialisasi, melatih empati dan menumbuhkan musikalitas anak dengan menggunakan lagu dan gerakan–gerakan yang merangsang koordinasi bagian otak, serta melatih gaya belajar anak yang disesuaikan dengan usia anak.

Dengan musik pun siswa diharapkan dapat belajar dengan suasana yang lebih menyenangkan hingga siswa lebih bersemangat dalam menyerap ilmu di Saint Monica School.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar