Kamis, 20 November 2014

Pemilihan Prefect dan Pendidikan Politik Usia Dini di Saint Monica School

Setiap tahun, Saint Monica Jakarta Primary School selalu membuat program pemilihan prefect, di mana kegiatan ini dilakukan dengan mencari masing-masing anak yang mempunyai perilaku dan nilai akademis yang bagus untuk dicalonkan sebagai kandidat ketua, wakil ketua, dan sekretaris dari setiap kelas. Dari masing-masing calon akan menyampaikan program dan kampanye kepada seluruh anak Primary School di Saint Monica agar mereka dipilih dengan melihat program yang disampaikan.


Pendidikan politik di sekolah saint monica jakarta


Pilihan dilihat melalui penghitungan suara terbanyak dan mendapat suara terbanyak akan menjadi calon ketua Prefect dan akan dilantik melalui upacara bendera atau khusus pada jam sekolah berlangsung. Yang menarik dari kegiatan ini adalah anak-anak dilatih untuk memahami organisasi, bertindak mandiri, belajar menjadi seorang pemimpin, membantu guru dalam tugas piket, dan melakukan tugas-tugas lainnya.

Selain itu, pemilihan prefect ini pun bisa menjadi ajang untuk memberikan pendidikan politik pada siswa-siswi Saint Monica School dari semenjak dini. Pendidikan politik secara dini diharapkan mampu memberikan pembelajaran bagi siswa-siswi Saint Monica School untuk mengembangkan bakat dan memaksimalkan kemampuan diri secara benar dan tepat. Selain itu, melalui pelatihan tersebut, siswa-siswi Saint Monica School tahu bagaimana caranya untuk menyatakan pendapat di muka umum. Jadi anak-anak Saint Monica School bisa mengetahui bagaimana dia menyuarakan aspirasi kepada teman-teman, kawan-kawan, ataupun orang tua di dalam sebuah forum.

Adapun, hal lain yang bisa diperoleh anak-anak Saint Monica School dengan pendidikan politik sejak dini adalah mereka akan paham bagaimana tidak bersikap curang, memiliki sikap kepemimpinan, serta belajar mengenai moralitas dan kejujuran.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar