Kamis, 09 April 2015

Benarkah Kegiatan Anak Olahraga dan Menari Bisa Membuat Si Kecil Cerdas?


Kegiatan Anak

Masa depan anak ditentukan oleh perkembangan dan pertumbuhan anak yang optimal. Karena itu, berbagai kegiatan anak yang mendukung pertumbuhan si kecil harus diberikan sejak dini. Berdasarkan riset, perkembangan kecerdasan si kecil dipengaruhi oleh dua faktor utama, yaitu nature dan nurture. Faktor nature mengacu pada faktor genetik atau keturunan. Kita pasti sering mendengar komentar, “Kalau orangtuanya pintar, anaknya pasti pintar”. Tapi benarkah? Belum tentu, karena faktor nurture atau stimulasi yang berasal dari lingkungan juga berperan. Nurture sendiri dapat berupa pemberian nutrisi tepat dan stimulasi melalui kegiatan anak, musik, bermain, dan bahasa.
Kegiatan Anak Dalam Bentuk Olahraga dan Menari
Kegiatan anak dalam bentuk olahraga dan menari, selain membuat anak aktif, juga dapat mengembangkan seluruh aspek kecerdasannya. Di sisi lain, perkembangan kinestetik yang bisa didapatkan dari kegiatan anak ini akan memperkuat kesadaran sensori yang dimulai pada sistem saraf dan berujung pada sendi serta otot. Menurut Drs. Bambang Sujiono, MPd., respon yang ditunjukkan pada kegiatan anak ini merupakan gerakan otot-otot tubuh sebagai akibat dari adanya perintah dari sel saraf pusat. Hampir setiap respon gerakan melalui perintah otak.
Itu sebabnya, bila rangsangan kinestetik melalui kegiatan anak ini diberikan kepada buah hati, sel-sel otaknya semakin banyak terstimulasi. Ini berarti, seluruh potensi kecerdasan yang dimiliki anak akan tumbuh dan berkembang.
Untuk itu, manfaatkanlah usia dini buah hati Anda dengan memberinya kegiatan anak yang membuatnya aktif bergerak, seperti dengan mengajaknya beraktivitas di pusat kegiatan anak, misalnya di Rockstar Gym yang banyak memberikan pilihan kegiatan anak dalam bentuk olahraga dan menari. Jangan lupa untuk memilih kegiatan anak yang paling sesuai dengan minat anak agar dia dapat menikmati setiap aktivitasnya.
Sumber : Rockstar Gym


Tidak ada komentar:

Posting Komentar